Unsur-unsur Intrinsik dalam Cerita

Penasains Unsur-unsur Intrinsik dalam Cerita – Dalam sebuah cerita kita mengenal yang namanya unsur intrinsik. Nah, apa saja unsur tersebut simak ulasannya di bawah ini:

Unsur-unsur Intrinsik dalam Cerita

a. Tema dan amanat

Tema adalah pokok persoalan yang mendasari adanya sebuah cerita. Oleh karena itu, untuk menemukan tema sebuah cerita, pembaca kemudian harus tuntas dalam membaca cerita tersebut. Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan oleh pengarang cerita kepada pembaca. Pesan moral biasanya berupa petuah luhur tentang akhlak dan budi pekerti.

b. Latar (setting)

Latar berkaitan dengan tempat, waktu, dan juga suasana berlangsungnya cerita. Dengan adanya latar yang jelas, maka akan pembaca memperoleh gambaran seolah-olah peristiwa yang dikisahkan dalam cerita benar-benar terjadi.

c. Penokohan

Penokohan adalah pencitraan/penggambaran watak terhadap tokoh cerita. Mutu sebuah cerita banyak ditentukan oleh kepandaian pengarang dalam menghidupkan watak tokoh-tokohnya. Secara umum, ada tiga jenis tokoh dalam cerita:

1. Tokoh utama (protagonis).

Yaitu tokoh sentral dalam cerita. Tokoh ini mewarnai seluruh rangkaian cerita, dari awal hingga akhir. Biasanya, tokoh utama digambarkan oleh pengarang sebagai tokoh ”putih”, yakni tokoh yang berwatak baik. Namun, ada juga tokoh utama yang digambarkan lucu atau unik.

2. Tokoh lawan (antagonis)

antagonis adalah tokoh yang selalu menentang kehadiran tokoh protagonis. Biasanya, tokoh antagonis digambarkan oleh pengarang sebagai tokoh ”hitam”, yakni tokoh yang berwatak jahat.

3. Tokoh pendamping (tritagonis)

Tritagonis adalah tokoh penengah yang berusaha meredakan ketegangan antara tokoh protagonis dan antagonis. Tokoh pendamping sangat berperan ketika cerita akan berakhir.

Sekian informasi mengenai Unsur-unsur Intrinsik dalam Cerita semoga bisa membantu anda untuk memahami unsur intrinsik.

Labels: Bahasa Indonesia

Thanks for reading Unsur-unsur Intrinsik dalam Cerita. Please share...!

0 Komentar untuk "Unsur-unsur Intrinsik dalam Cerita"

Back To Top